Senin, 25 Mei 2015

Biografi Gustav Klimt


Gustav Klimt (14 Juli 1862 - 6 Februari 1918) adalah seorang pelukis Austria beraliran simbolisme. Ia adalah salah satu anggota paling terkenal dari gerakan Art Nouveau Wina (Vienna Secession). Karya-karya besarnya termasuk lukisan, mural, sketsa, dan obyek-obyek seni lainnya, sebagian besar dipajang di Vienna Secession gallery. Subyek utama Klimt adalah tubuh wanita, dan karya-karyanya diwarnai erotisme. Gambar-gambarnya dengan pensil, yang berjumlah sangat banyak, dianggap sebagai peninggalan terbaiknya. Potret Adele Bloch-Bauer I (1907) adalah karya Klimt yang merupakan lukisan termahal di dunia saat dijual seharga 135 juta dolar AS pada 18 Juni 2006. Google menghormati Gustav Klimt dengan menunjukkan Doodle untuk Ulang Tahun ke-150 pada tanggal 14 Juli 2012.




Gustav Klimt lahir di Baumgarten, dekat Wina di Austria-Hungaria, anak kedua dari tujuh anak-anak laki-laki tiga dan empat perempuan. Semua tiga putra bakat seni ditampilkan sejak dini. Saudara Klimt muda adalah Ernst Klimt dan Georg Klimt . Ayahnya, Ernst Klimt the Elder, sebelumnya dari Bohemia , adalah seorang pengukir emas. Ernst menikah Anna Klimt (Finster née), yang belum direalisasi ambisi adalah untuk menjadi pemain musik. Klimt hidup dalam kemiskinan untuk sebagian besar masa kecilnya, karena pekerjaan sangat langka dan kemajuan ekonomi sulit bagi imigran.

Pada tahun 1876, Klimt diberikan beasiswa ke Sekolah Wina Seni dan Kerajinan (Kunstgewerbeschule), dimana ia belajar sampai 1883, dan menerima pelatihan sebagai pelukis arsitektur. ia dihormati pelukis sejarah terkemuka saat itu, Hans Makart . Klimt mudah diterima prinsip-prinsip pelatihan yang konservatif; pekerjaan awal dapat diklasifikasikan sebagai akademis. ada tahun 1877 saudaranya Ernst, yang, seperti ayahnya, akan menjadi pengukir, juga terdaftar di sekolah. Dua saudara dan teman mereka Franz Matsch mulai bekerja bersama-sama; dengan 1880 mereka telah menerima banyak komisi sebagai tim yang mereka sebut "Perusahaan Seniman", dan membantu guru mereka dalam melukis mural di Museum Kunsthistorisches di Wina. Klimt mulai profesional karir melukis mural interior dan langit-langit di gedung-gedung publik besar di Ringstrasse termasuk serangkaian sukses "Alegori dan lencana".

Pada 1888, Klimt menerima perintah Emas Merit dari Kaisar Franz Josef I dari Austria atas kontribusi untuk mural dicat dengan Burgtheater di Wina. a juga menjadi anggota kehormatan dari Universitas Munich dan Universitas Wina. Pada tahun 1892 ayah dan kakak kedua Ernst Klimt meninggal, dan ia harus memikul tanggung jawab keuangan untuk keluarga ayahnya dan saudara laki-laki. Tragedi terpengaruh visi artistiknya juga, dan segera ia akan membelok ke arah gaya pribadi baru. Pada 1890-an awal, Klimt bertemu Emilie Flöge, yang meskipun hubungan artis dengan perempuan lain, adalah untuk menjadi sahabat sampai akhir hidupnya. Apakah hubungannya dengan Flöge adalah seksual atau tidak diperdebatkan, tetapi selama periode yang Klimt ayah sedikitnya 14 anak-anak.

Klimt menjadi salah satu anggota pendiri dan presiden dari Sezession Wiener (Wina Secession ) pada tahun 1897 dan berkala kelompok Ver Sacrum ("Spring Suci"). Dia tetap dengan Secession sampai 1908. Tujuan kelompok ini adalah untuk memberikan pameran bagi para seniman muda tidak konvensional, untuk membawa seniman asing terbaik 'karya ke Wina, dan menerbitkan majalah sendiri untuk menampilkan anggota kerja. Kelompok ini dinyatakan tidak manifesto dan tidak berangkat untuk mendorong setiap gaya tertentu- Naturalis , Realis, dan simbolis semua hidup berdampingan. Pemerintah mendukung upaya mereka dan memberi mereka sewa lahan publik untuk mendirikan sebuah ruang pameran. Simbol kelompok ini adalah Pallas Athena, yang Yunani dewi penyebab saja, kebijaksanaan, dan seni-dan Klimt dicat versi radikalnya pada tahun 1898.

Pada tahun 1894, Klimt ditugaskan untuk membuat tiga lukisan untuk menghiasi langit-langit Aula Besar di Universitas Wina . Tidak selesai sampai pergantian abad, tiga lukisan, Filsafat, Kedokteran dan Fikih dikecam karena tema radikal dan material, yang disebut " p0rn0grafi ". Klimt telah mengubah tradisional alegori dan simbolisme dalam bahasa baru yang lebih terang-terangan seksual, dan karenanya lebih mengganggu. [8] Seruan publik datang dari semua penjuru-politik, estetika, dan agama. Akibatnya, mereka tidak ditampilkan di langit-langit Aula Besar. Ini akan menjadi komisi umum yang terakhir diterima oleh seniman. Ketiga lukisan dihancurkan dengan mundur SS pasukan di Mei 1945.

Pada tahun 1902, Klimt menyelesaikan dekorasi Beethoven
untuk pameran Wina 14 separatis, yang dimaksudkan sebagai perayaan komposer dan menampilkan patung, monumental polychromed oleh Max Klinger . Dimaksudkan untuk pameran saja, dekorasi itu dicat langsung pada dinding dengan bahan ringan. Setelah pameran lukisan itu diawetkan, meskipun tidak pergi pada layar sampai tahun 1986. Wajah pada potret mirip Beethoven komposer dan Wina Pengadilan Opera direktur Gustav Mahler, dengan siapa Klimt memiliki hubungan hormat.

Selama periode Klimt tidak membatasi dirinya untuk komisi umum. Dimulai pada akhir 1890-an ia mengambil liburan musim panas tahunan dengan keluarga Flöge di tepi Attersee dan dicat banyak pemandangan di sana. Klimt sebagian besar tertarik melukis tokoh; karya-karya ini merupakan genre hanya selain dari angka-lukisan Klimt yang serius tertarik. Klimt Attersee lukisan dari sejumlah dan berkualitas sehingga untuk mendapat apresiasi yang terpisah. Secara formal, pemandangan yang ditandai dengan penyempurnaan yang sama desain dan pola tegas sebagai potongan figural. Ruang dalam dalam karya Attersee sangat efisien diratakan untuk pesawat tunggal, diyakini bahwa Klimt dicat mereka saat melihat melalui teleskop.

Tahap Emas' yang Klimt ditandai dengan reaksi kritis positif dan kesuksesan. Banyak lukisannya dari periode ini digunakan daun emas , penggunaan yang menonjol dari emas pertama dapat ditelusuri kembali ke Pallas Athena (1898) dan Judith saya (1901), meskipun karya-karya paling populer berkaitan dengan periode ini adalah Potret Adele Bloch- Bauer I (1907) dan The Kiss (1907-1908). Klimt perjalanan sedikit tetapi perjalanan ke Venesia dan Ravenna , baik terkenal dengan mosaik indah mereka, sepertinya terinspirasi teknik emas dan citra Byzantine nya. Pada 1904, ia bekerja sama dengan seniman lain pada mewah Stoclet Palais , rumah seorang industrialis kaya Belgia, yang merupakan salah satu monumen termegah dari Art Nouveau usia. Antara 1907 dan 1909, Klimt dicat lima kanvas perempuan masyarakat dibungkus bulu. Kecintaannya kostum diekspresikan dalam foto-foto banyak pakaian pemodelan Flöge ia merancang.

Karena ia bekerja dan santai di rumahnya, Klimt biasanya mengenakan sandal dan jubah panjang tanpa pakaian dalam. Hidupnya yang sederhana agak tertutup, yang ditujukan untuk seni dan keluarganya dan sedikit lain kecuali Gerakan separatis, dan ia menghindari masyarakat kafe dan seniman lainnya secara sosial. Klimt ketenaran biasanya membawa pelanggan ke pintu, dan ia bisa bersikap sangat selektif. Metode lukisannya sangat disengaja dan telaten pada waktu dan dia dibutuhkan Sittings panjang oleh rakyatnya. Meskipun sangat aktif secara seksual, ia terus urusannya hati dan ia menghindari skandal pribadi.

Pada tahun 1911 lukisan Kematian dan Kehidupan mendapatkan hadiah pertama dalam pameran dunia di Roma. Pada tahun 1915 ibunya Anna meninggal. Klimt meninggal tiga tahun kemudian di Wina pada tanggal 6 Februari 1918, setelah mengalami pukulan dan pneumonia disebabkan oleh epidemi influenza tahun itu. Dia dikuburkan di Hietzing Pemakaman di Wina. Banyak lukisan yang tersisa belum selesai .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar