Selasa, 19 Mei 2015

Biografi Pablo Picasso

Pablo Picasso adalah seorang pelukis Spanyol dan pematung. Dia adalah salah satu tokoh seni yang paling diakui di abad ke-20. Dia terkenal sebagai pendiri gerakan kubisme dan untuk berbagai gaya yang terkandung dalam karyanya. 
Diantara lukisan yang paling terkenal Pablo Picasso adalah Proto-kubisme Les Demoiselles D'avignon (1907) dan Guernica (1937), perannya pemboman  Guernica Jerman selama perang saudara Spanyol.

Diawal tahun Picasso  menunjukkan bakat seni yang luar biasa, melukis realistis adalah gaya dimasa kecil dan remajanya, selama dekade pertama abad 20 gayanya berubah saat ia bereksperimen dengan teori yang berbeda, teknik dan ide-idenya. Kreativitas Picasso terwujud dalam beberapa media antara lain: lukisan minyak,patung dan arsitektur.
Prestasi revolusioner artistik mambawanya terkenal secara universal dan membawanya pada kekayaan sepanjang hidupnya, membuatnya sosok paling terkenal dalam seni abad ke-20.



Pablo Picasso mendominasi seni barat di abad ke-20. Picasso-yang berarti banyak orang telah mereproduksi karya lukisan Picasso mungkin puluhan,ratusan bahkan jutaan. Dia dan karyanya menjadi bahan analisis yang kunjung henti dari gosip,ketidaksukaan, adurasi dan rumor. Dia juga seorang politisi yang beruntung, padahal untuk Nazi karyanya adalah lambang "Degenerate Art", dilindungi ketenarannya dia selama pendudukan Jerman di Paris, dimana ia tinggal dan setelah perang,ketika seniman dan penulis di anggap dipermalukan oleh Afiliasi dengan sedikit Nazisme atau Fasisme.

Picasso memberikan dukungan antusias kepada Joseph Stalin, seorang pembunuh massal pada skala yang jauh melampaui Hitler, dan hampir tidak menerima kata kritik untuk itu, bahkan waktu diamerika terjadi perang dingin, tidak ada pelukis atau pematung, bahkan Michael Angelo pun tak setenar ini dalam masa hidupnya. Dan sangat mungkin bahwa tidak akan pernah terjadi lagi sekarang bahwa mandat untuk menetapkan makna sosial, untuk mengartikulasikan mitos dan menghasilkan gambar secara luas yang mengesankan. Kesemuanya itu telah ditransfer dari lukisan Picasso dan patung kemedia lain.
seperti: Fotografi,Film dan Televisi.

sekian biografi singkat tentang Pablo Picasso, semoga bermanfaat untuk semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar